Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Berangkat Kerja ke Jepang via Jalur Mandiri di Tahun 2024

Halo Nakama!! Dari kalian apakah ada yang berkeinginan atau mungkin bercita cita ingin mencari pekerjaan di Negara Jepang, namun ada beberapa diantara kalian yang terkendala biaya dan tidak mampu untuk mengikuti LPK atau Kelas Bahasa, dan sebagainya?? Nah! Berarti kalian berada di tempat yang tepat nih!

Jika kalian termasuk ke orang orang yang mengalami kendala diatas, kami punya solusi buat Nakama nih untuk menekan budget yang biasanya bisa menghabiskan budget sekitar 40juta lebih, sekarang Nakama bisa menekan biaya dari 30% bahkan bisa sampai 60% dari biaya normal loh.. Dan pastinya cara ini pun LEGAL ya Nakama! Oh iya! Dan cara ini bisa digunakan untuk kalian yang berusia 18 sampai 35tahun ya. Sebenarnya bisa lebih sihh, tergantung perusahaan yang kalian targetkan. Ya intinya untuk membuat VISA nya nanti gak ada batasan usianya!

Jadi, nama dari trik atau caranya itu adalah menggunakan jalur pribadi ya Nakama! Kalau gitu langsung saja kita masuk ke pembahasannya yuk!

Kerja Ke Jepang Jalur Pribadi?? Legalkah??

Ehm.. Sebelum masuk ke pembahasan, jadi mimin kasih tau sedikit ya, jadi program mandiri ini namanya Tokutei Ginou, atau biasa di sebut TG. Sebenarnya TG ini bisa juga ikut ke LPK, namun biasanya di beberapa LPK suka membatasi usia bagi pendaftarnya. Jadi ya begitulah kira kira hehee...

Pastibanyak dari kalian pasti bertanya tanya "Hah? ke Jepang jalur pribadi? Emang bisa? Gak illegal kan??" Yap, tentunya jika kalian mengikuti prosedur dan peraturan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah Indonesia & Jepang tentang ketenagakerjaan luar negeri sudah jelas 100% aman & legal ya Nakama.

Tidak sedikit sekarang WNI yang sudah menjadi PMI (Pekerja Migran Indonesia) di Jepang sana yang berangkat menggunakan jalur mandiri. Bahkan bukan sekarang saja, bahkan ada juga para Dai Senpai yang sudah berangkat dari tahun 2010 menggunakan cara ini.

Pasti diantara kalian juga akan ada yang bertanya "Kenapa admin ini menyarankan cara ini?" Sekali lagi, jadi artikel ini dibuat khusus buat Nakama sekalian yang ingin berkarir di Negara Jepang, tapi tidak memiliki budget untuk mengikuti pelatihan dan sebagainya. Dan tentunya cara ini juga bisa memberangkatkan kalian lebih cepat jika dibandingkan mengikuti program atau pelatihan.

Prosedur atau Langkah Langkah Kerja di Jepang Jalur Mandiri

Okay. Langssung saja kita mulai langkah langkahnya

Langkah Pertama: Persiapkan Materi dan Kemampuan Bahasa Jepang Kalian.

Jadi gini Nakama, kalian kan akan berangkat ke Negara Orang nih yaaa, pasti Bahasanya juga beda kan?? Nah jadi kalian juga, mau itu lewat jalur mandiri atau program, di wajibkan harus memiliki kemampuan bahasa Jepang. "Loh kenapa min?? Tetap harus bayar dong buat belajarnya??" Yap, betul, modal buat beli kuota atau masang Wifi juga cukup kok buat belajar Kotoba dan Kanji di Youtube, atau di Web kita ini. 100ribu 1 bulan cukup kali ya buat baca artikel di Web ini, hehe. Ya intinya tergantung kalian, sekarang belajar dimana pun bisa kok, bisa via tiktok, youtube, reels, atau website website yang menyediakan konten "Belajar Bahasa Jepang" juga udah banyak kok. Lantas kenapa kami menyarankan untuk mempelajari Bahasa Jepang, ya, Karena kalian perlu ini buat mendapatkan syarat di nomor berikutnya.

Langkah Kedua: Persiapan Dokumen.

Entah kenapa, banyak konten kreator atau konten writer di luar sana yang menaruh syarat ini di nomor pertama. Jelas jela ya kan, sebelum mendapatkan atau mengikuti ujian, kalian diharuskan bisa bahasanya terlebih dahulu, betul atau betul nih Nakama? Hehee...

Okay jadi syarat yang ke-2 itu adalah kalian di haruskan atau di WAJIBKAN untuk memiliki beberapa dokumen, seperti Paspor, VISA Kerja,CV (Inggris/Jepang), sertifikat bahasa, sertifikat SSW, dan juga dokumen pendukung lainnya, seperti pas foto untuk visa dan pasport, terus fotocopy ktp, dan Certificate of Eligibility. Kalau bisa kalian siapkan juga FC KK, & FC Akta ya Nakama..

Nah di poin pertama tadi akan kalian perlukan ketika kalian akan mengikuti ujian keahliah bahasa (JLPT/JFT), dan SSW.

Sebelum kalian tes, pastikan kalian mengikuti tes atau ujian SSW sesuai bidang yang kalian pilih, misal kalian pengen di Perawat, karena sekarang di 2024 ini, job Perawat lagi banyak di perlukan. Jadi ya kalian nanti pas Tes/Ujian ambil SSW yang Kaigo (Perawat), kira kira begitu Nakama. Sedangkan untuk kalian yang mengikuti program TG ini, di wajibkan juga untuk mengikuti tes JLPT minimal N4 dan JFT minimal A2 Basic. Oleh karena itulah, kami menyarankan untuk mempelajari bahasa di poin pertama tadi.

Langkah Ketiga: Cari Informasi Lowongan Kerja

Plis, plis, jangan ngomong gini yaa "Lahh min, harus nyari lowongan juga? Sama aja dong kayak di Indonesia? Kirain langsung dapat setelah membuat VISA" Huffttt... Jadi gini Nakama yang baik dan budiman, kami sudah menjelaskan kalau ini itu "JALUR PRIBADI" jadi ya しょがないですね namanya jalur mandiri ya semua harus mandiri, termasuk pembuatan paspor & visanya juga.

Eitss, tapi santai dulu, cari lowongan buat TG itu gak terlalu susah kok Nakama! Kalian bisa gabung di forum forum atau kalian juga bisa mencari menanyakan ke senpai senpai yang sudah bekerja di Jepang juga lohh... Dan kemungkinan untuk di panggilnya juga cepet, asalkan kalian sudah memiliki SSW & sertifikat JLPT atau JFT ditangan kalian.

Langkah Keempat: Lamar Pekerjaan

Ya kalau sudah punya SSW, Sertifikat & lamaran sudah ada di depan mata, langsung gas aja gak sih buat lamar pekerjaan ke Jepang. Apalagi kalo punya ordal a.k.a orang dalam atau di rekomendasikan sama senpai tadi, jadi makin enak tu prosesnya. Ya biasanya sih kalo udah punya koneksi di Jepang, proses ini jarang kalian ikuti, dan bisa langsung ke tahapan berikutnya.

Langkah Kelima: Tahapan Wawancara

Jika, dokumen sudah, sertifikat & visa sudah, lowongan sudah, lamaran sudah, langkah berikutnya yaitu.....!!!! Yap, wawancara, jadi biasanya tahapan wawancara ini ada 2x atau bahkan lebih tergantung dari perusahaan yang kalian lamar. Jadi tahapan wawancaranya itu, ada wawancara dengan user jepangnya langsung, dan ada juga wawancara dengan TSK atau Touroku Shien Kikan, yahhh semacam lembaga yang bekerja sama dengan perusahaan kalian itu lah. Untuk hasil wawancara itu tergantuk dari perusahaan kalian juga ya Nakama. Terkadang ada yang 2minggu sudah keluar, ada yang 1 bulan baru keluar, dan terkadang ada juga yang sampai 5 atau 6 bulan baru keluar. Jadi mohon bersabar saja ya.

Langkah Keenam: Proses Administrasi dan Keberangkatan

Setelah kalian wawancara dan di terima, langkah selanjutnya, yaitu mempersiapkan administrasi untuk pembuatan Visa Kerja, Tanda Tangan Kontrak, COE, McU, dan sebagainya. Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa kalian cek di web kedubes Indo Jepang.

Kelebihan dan Kekurangan Tokutei Ginou Jalur Mandiri

Jadi setelah persyaratan, sekarang kami akan memberikan beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan cara ini. Kita mulai dari kekurangan dulu aja kali ya.

Kekurangan

    • Memakan banyak tenaga: Kalo ini gak usah di tanyakan lagi lah ya. Makan tenanga itu pasti, dari pembuatan visa, sampai pemesanan tiket pesawat pun harus di kerjakan sendiri. Ya gimana lagi, namanya juga jalur mandiri ya kan.
      Untung-untungan: Ya gimana ya, namanya segala sendiri, pasti untung untungan juga, termasuk dari TSK nya sih, jadi kalian harus bener bener cari TSK yang memang sanggup dukung atau support kalian dari awal injak kaki di Jepang, di carikan Apartemen & sampai di kenalkan ke lingkungan kerjanya. Ya terkadang ada juga TSK yang gak bertanggung jawab, sudah bawa kalian ke Jepang, terus di tinggal gitu aja, bahkan dicarikan apato pun kagak.
      Lingkungan seperti apa: Takutnya, kalian di PT tersebut sendiri orang Indonesianya ya kan, terus belum ada pengalaman kan, belum lagi kalo senpai disana itu semua orang jepang juga, ya mau gimana tuh, pelanga pelongo kali yak. Belum lagi kadang ada bos atau senpai jepang yang biasanya nyebut "Bakayarou" ke peserta baru. Nah inilah pentingnya cari lowongan & informasi dari para senpai, kalian tanya aja ke senpai senpai di Jepang sana "Pai, di PT ini ada orang Indonesianya berapa orang ya?" tanya aja gitu, jadi kalian juga walaupun jalur mandiri, sesampainya di Jepang sana bisa ada temen juga.

Untuk paitnya paling disitu aja sih menurut kami ya Nakama. Ya saran kami paling, kalian pinter pinter aja nyari TSK & lingkungan yang enak menurut kalian. Misal kalian di Jepang sana, udah beberapa bulan gitu ya, kalo ga salah minimal 6 bulan, terus kalian pengen nyari lowongan lain, bisa juga sih, asal masih sesuai SSW yang kalian miliki, Kaigo ya ke Kaigo lagi, Pengolahan makanan ya pengolahan makanan lagi, dst.

Cara Alternatif:atau jika kalian memang takut kejadian diatas menimpa kalian, kalian juga bisa kok cari LPK Terpercaya & rating bagus, untuk meminta membantu kalian mencarikan atau menyalurkan kalian ke beberapa PT yang sudah bekerja sama dengan LPK tsb. Sekali lagi, untuk cepat atau lamanya proses wawancara itu tergantung PT atau Perusahaannya ya Nakama.

Kelebihan

    • Menghemat Waktu: Pakai cara ini memang menghemat waktu? Iyap, kalian bisa kok sambil kuliah, atau kerja, dsb. Selipkan atau sisipkan beberapa waktu buat belajar kotoba atau kanji di saat istirahat pun bisa. Jadi, yap cara ini juga menghemat waktu.
      Lebih murah: seperti yang disampaikan awal tadi, pakai cara ini bisa mengirit budget kalian dari 30% bahkan sampai 60% budget kalian, daripada mengikuti lembaga.
      Proses lebih cepat: Kalau kalian punya banyak waktu kosong di Rumah, dan bersungguh sungguh belajar bahasa Jepang, kalian bisa kok menguasai kotoba & kanji N4 dalam waktu 3~4 bulan aja
      Bisa memilih lokasi: Yap kalian bisa memilih lokasi pekerjaan yang bagaimana dan seperti apa, di Tokyo, Osaka, Chiba, dsb. kalian juga bisa mencari PT yang menawarkan lembur seberapa lama, bonus, cuti, dsb. Contohnya di Pertaniah, Nagano biasanya pertanian di bulan november sampai februari itu ketutup salju, jadi gak ada jadwal cocok tanam, dan biasanya oleh PT di ijinkan untuk cuti selama 4 bulan, dan terkadang selama cuti pun bisa mendapatkan bayaran, walaupun gak full (biasanya 8jt~10jt) tiap bulannya, belum lagi kalian juga gak perlu pusing soal beras dan sayuran jika memilih di pertanian.

Ya begitulah kira kira kelebihan dan kekurangan dari TG SSW Jalur Mandiri ini, kami harap Nakama semua ada gambarannya ya! Dan pastinya kami juga mendoakan/mengharapkan yang terbaik buat Nakama semua yang berkeinginan untuk terbang dan berkarir di Jepang sana! Tetap semangat! Jangan pantang menyerah! Jika ada kelebihan dan kekurangan mohon di maafkan & dimaklumi, atau mungkin dari Nakama ada yang mau menambahkan, bisa langsung berkomentar dibawah ya! Ja~ Matane~!

Nakama Station
Nakama Station Hi, terima kasih karena sudah berkunjung. Jangan lupa bagikan informasi ini supaya orang lain juga tau yaa.

Post a Comment for "Cara Berangkat Kerja ke Jepang via Jalur Mandiri di Tahun 2024"